Rabu, 19 Juli 2023

Alur Tujuan Pembelajaran Akidah dan Akhlak untuk MI Kelas I (FASE A)

 

ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

FASE A

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Akidah

Peserta didik mampu mengenal dan mengimani Allah Swt. melalui dua kalimat syahadat, rukun iman, dan asmaulhusna (Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafiz, Al-Waliy, Al-‘Alim, dan Al-Khabir) sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Akhlak

Peserta didik terbiasa mengucapkan kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz, menerapkan pola hidup sehat dan bersih, membiasakan jujur, berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Adab

Peserta didik membiasakan adab mandi dan berpakaian dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan perwajahan Islam yang damai dan sejuk.

Kisah Keteladanan

Peserta didik mampu menceritakan dan meneladani kisah Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari, sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat.

 


 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

FASE A

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Semester I

Bab

Tujuan Pembelajaran

Akidah

Peserta didik mampu mengenal, melafalkan, menjelaskan dan menghafal dua kalimat syahadat dengan benar sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Bab 1

Dua Kalimat Syahadat

Peserta didik mampu:

1.1  Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar.

1.2  Menyimpulkan arti dua kalimat syahadat dengan benar.

1.3  Membandingkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar.

1.4  Menerapkan kalimat syahadat dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak

Peserta didik mampu mengenal, melafalkan, menjelaskan dan menghafal kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dengan benar dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bab 2

Kalimat Tayibah Basmalah, Hamdalah, dan Taawuz

Peserta didik mampu:

2.1  melafalkan kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dengan benar.

2.2  Menyimpulkan arti kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dengan tepat.

2.3  Membiasakan mengucap kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dalam kehidupan sehari-hari.

2.4  Menumbuhkan sikap santun dan pandai bersyukur kepada Allah Swt.

Akhlak

Peserta didik mampu menjelaskan dan menyebutkan contoh-contoh perilaku menjaga kesehatan dan kebersihan yang dianjurkan oleh Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bab 3 Hidup Sehat dan Bersih

Peserta didik mampu:

3.1  Menguraikan pengertian hidup sehat dan bersih dengan benar.

3.2  Menyimpulkan cara menjaga kesehatan dan kebersihan dengan benar.

3.3  Menemukan contoh perilaku menjaga kebersihan dengan benar.

3.4  Melaksanakan cara hidup sehat dan bersih dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Adab

Peserta didik membiasakan adab mandi dan berpakaian dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan perwajahan Islam yang damai dan sejuk.

Bab 4 Adab Mandi dan Berpakaian

Peserta didik mampu:

4.1  Menguraikan adab mandi dan berpakaian dengan benar.

4.2  Membandingkan doa ketika masuk dan keluar kamar mandi dengan benar.

4.3  Membandingkan doa ketika memakai dan melepas pakaian dengan benar.

4.4  Melaksanakan adab mandi dan berpakaian dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Kisah Keteladanan

Peserta didik mampu menceritakan kisah-kisah Nabi Muhammad Saw. sejak lahir sampai masa dewasa dan menyebutkan contoh-contoh dapat diteladani dalam kehidupan sehari-hari sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat.

Bab 5 Kisah Nabi Muhammad Saw.

Peserta didik mampu:

5.1  Mampu menguraikan kisah dari kelahiran Nabi Muhammad Saw. sampai dewasa dengan benar.

5.2  Menyimpulkan kembali kisah Nabi Muhammad Saw. dari lahir sampai dewasa dengan benar.

5.3  Menguraikan silsilah keluarga Nabi Muhammad Saw. dengan benar.

5.4  Melaksanakan keteladanan dari kisah Nabi Muhammad Saw. dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Semester II

Bab

Tujuan Pembelajaran

Akidah

Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan isi dari rukun iman dengan benar sehingga peserta didik dapat meneladani isi dari rukun iman dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Bab 6

Rukun Iman

Peserta didik mampu:

6.1  Menguraikan rukun iman dengan benar.

6.2  Menyimpulkan isi rukun iman dengan benar.

6.3  Melaksanakan perilaku yang mengamalkan rukun iman dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Akidah

Peserta didik mampu menjelaskan arti dan memberi contoh dari asmaulhusna Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir dengan benar sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Bab 7

Asmaulhusna

Peserta didik mampu:

7.1  Menguraikan pengertian dari asmaulhusna dengan benar.

7.2  Membandingkan arti asmaulhusna Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir.

7.3  Menemukan bukti asmaulhusna Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir.

7.4  Melaksanakan perilaku yang mencerminkan asmaulhusna Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir dengan benar.

Akhlak

Peserta didik mampu menjelaskan arti dan memberikan contoh dari sikap jujur, berterima kasih, dan rendah hati dengan benar sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BAB 8 Jujur, Terima Kasih, dan Rendah Hati

Peserta didik mampu:

8.1  Membandingkan arti jujur, berterima kasih, dan rendah hati.

8.2  Menguraikan contoh jujur, berterima kasih, dan rendah hati.

8.3  Menerapkan perilaku jujur, berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari.

 

Keterangan:

·         Kegiatan praproyek dilaksanakan berbaur dengan pelaksanaan JP.

 

Profil Pelajar Pancasila yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:

1.      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

2.      Bergotong royong

3.      Mandiri

4.      Kreatif

 

Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:

1.      Berkeadaban (Ta’addub)

2.      Keteladanan (Qudwah)

3.      Musyawarah (Syura)

4.      Toleransi (Tasamuh)

5.      Dinamis dan Inovatif (Tathawwur wa Ibtikar)

 












 

 

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...