ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK
FASE A
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Akidah |
Peserta didik mampu mengenal dan mengimani Allah Swt. melalui dua kalimat
syahadat, rukun iman, dan asmaulhusna (Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafiz,
Al-Waliy, Al-‘Alim, dan Al-Khabir) sebagai landasan dan motivasi beraktivitas
agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi. |
Akhlak |
Peserta didik terbiasa mengucapkan kalimat tayibah basmalah, hamdalah,
dan taawuz, menerapkan pola hidup sehat dan bersih, membiasakan jujur,
berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari sehingga
terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara. |
Adab |
Peserta didik membiasakan adab mandi dan berpakaian dalam kehidupan
sehari-hari sebagai upaya mewujudkan perwajahan Islam yang damai dan sejuk. |
Kisah
Keteladanan |
Peserta didik mampu menceritakan dan meneladani kisah Nabi Muhammad Saw.
dalam kehidupan sehari-hari, sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan
kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK
FASE A
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Semester I |
|
Bab |
Tujuan Pembelajaran |
||
Akidah |
Peserta
didik mampu mengenal, melafalkan, menjelaskan dan menghafal dua kalimat syahadat dengan benar sebagai landasan dan
motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi. |
Bab 1 Dua Kalimat
Syahadat |
Peserta didik
mampu: 1.1 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar. 1.2 Menyimpulkan arti dua kalimat syahadat dengan benar. 1.3 Membandingkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar. 1.4 Menerapkan kalimat syahadat dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. |
Akhlak |
Peserta didik mampu mengenal, melafalkan, menjelaskan dan menghafal kalimat
tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dengan benar dalam kehidupan
sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
Bab 2 Kalimat Tayibah
Basmalah, Hamdalah, dan Taawuz |
Peserta didik
mampu: 2.1 melafalkan kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dengan benar. 2.2 Menyimpulkan arti kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dengan
tepat. 2.3 Membiasakan mengucap kalimat tayibah basmalah, hamdalah, dan taawuz dalam
kehidupan sehari-hari. 2.4 Menumbuhkan sikap santun dan pandai bersyukur kepada Allah Swt. |
Akhlak |
Peserta didik mampu menjelaskan dan menyebutkan contoh-contoh perilaku
menjaga kesehatan dan kebersihan yang dianjurkan oleh Islam dalam kehidupan
sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis dalam konteks
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
Bab 3 Hidup
Sehat dan Bersih |
Peserta didik
mampu: 3.1 Menguraikan pengertian hidup sehat dan bersih dengan benar. 3.2 Menyimpulkan cara menjaga kesehatan dan kebersihan dengan benar. 3.3 Menemukan contoh perilaku menjaga kebersihan dengan benar. 3.4 Melaksanakan cara hidup sehat dan bersih dengan benar dalam kehidupan
sehari-hari. |
Adab |
Peserta didik
membiasakan adab mandi dan berpakaian dalam kehidupan sehari-hari sebagai
upaya mewujudkan perwajahan Islam yang damai dan sejuk. |
Bab 4 Adab
Mandi dan Berpakaian |
Peserta didik
mampu: 4.1 Menguraikan adab mandi dan berpakaian dengan benar. 4.2 Membandingkan doa ketika
masuk dan keluar kamar mandi dengan benar. 4.3 Membandingkan doa ketika
memakai dan melepas pakaian dengan benar. 4.4 Melaksanakan adab mandi
dan berpakaian dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. |
Kisah
Keteladanan |
Peserta didik mampu menceritakan kisah-kisah Nabi Muhammad Saw. sejak lahir
sampai masa dewasa dan menyebutkan contoh-contoh dapat diteladani dalam
kehidupan sehari-hari sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan
masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat. |
Bab 5 Kisah
Nabi Muhammad Saw. |
Peserta didik
mampu: 5.1 Mampu menguraikan kisah dari
kelahiran Nabi Muhammad Saw. sampai dewasa dengan benar. 5.2 Menyimpulkan kembali
kisah Nabi Muhammad Saw. dari lahir sampai dewasa dengan benar. 5.3 Menguraikan silsilah
keluarga Nabi Muhammad Saw. dengan benar. 5.4 Melaksanakan keteladanan dari kisah
Nabi Muhammad Saw. dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Semester II |
|
Bab |
Tujuan Pembelajaran |
||
Akidah |
Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan isi dari rukun iman dengan
benar sehingga peserta didik dapat meneladani isi dari rukun iman dalam
kehidupan sehari-hari sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar
bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi. |
Bab 6 Rukun Iman |
Peserta didik
mampu: 6.1 Menguraikan rukun iman dengan benar. 6.2 Menyimpulkan isi rukun iman dengan benar. 6.3 Melaksanakan perilaku yang mengamalkan rukun iman dengan benar dalam
kehidupan sehari-hari. |
Akidah |
Peserta didik mampu menjelaskan arti dan memberi contoh dari asmaulhusna
Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir dengan benar
sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan
berdimensi ukhrawi. |
Bab 7 Asmaulhusna |
Peserta didik
mampu: 7.1 Menguraikan pengertian dari asmaulhusna dengan benar. 7.2 Membandingkan arti asmaulhusna Ar-Rahman,
Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir. 7.3 Menemukan bukti asmaulhusna Ar-Rahman, Ar-Rahim,
Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir. 7.4 Melaksanakan perilaku yang mencerminkan asmaulhusna
Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Hafizh, Al-Waliy, Al-‘Alim dan Al-Khabir dengan benar. |
Akhlak |
Peserta didik mampu menjelaskan arti dan memberikan contoh dari sikap
jujur, berterima kasih, dan rendah hati dengan benar sehingga dapat diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujudnya interaksi yang harmonis
dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
BAB 8 Jujur,
Terima Kasih, dan Rendah Hati |
Peserta didik
mampu: 8.1 Membandingkan arti jujur, berterima kasih, dan rendah hati. 8.2 Menguraikan contoh jujur, berterima
kasih, dan rendah hati. 8.3 Menerapkan perilaku jujur, berterima
kasih, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari. |
Keterangan:
·
Kegiatan praproyek
dilaksanakan berbaur dengan pelaksanaan JP.
Profil Pelajar Pancasila yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:
1.
Beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
2.
Bergotong royong
3.
Mandiri
4.
Kreatif
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin yang relevan diterapkan dalam
pembelajaran:
1.
Berkeadaban (Ta’addub)
2.
Keteladanan (Qudwah)
3.
Musyawarah (Syura)
4.
Toleransi (Tasamuh)
5.
Dinamis dan Inovatif (Tathawwur
wa Ibtikar)
0 komentar:
Posting Komentar