ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH DAN AKHLAK
FASE B
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Akidah |
Peserta
didik mampu mengenal kitab-kitab Allah Swt., nabi dan rasul-Nya, sebagai
landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi
ukhrawi. |
Adab |
Peserta
didik membiasakan adab kepada guru dan teman dalam kehidupan sehari-hari
sebagai upaya mewujudkan hubungan sosial yang harmonis dalam kebinekaan
berbangsa dan bernegara. |
Kisah Teladan |
Peserta
didik mampu meneladani perilaku positif melalui kisah Nabi Ismail A.S. dan
persahabatan Nabi Muhammad Saw. dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kehidupan
sehari-hari, sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini
dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN AKIDAH DAN AKHLAK
FASE B
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Semester I |
|
Bab |
Tujuan Pembelajaran |
||
Akidah |
Peserta didik mampu mengenal
kitab-kitab Allah Swt. sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar
bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi. |
Bab 1 Iman kepada Kitab-kitab
Allah Swt. |
Peserta didik mampu: 1.1 Menguraikan
pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan baik. 1.2 Menyimpulkan
macam-macam kitab Allah Swt. dengan benar. 1.3 Menemukan
hikmah dari beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan baik dan benar. 1.4 Melaksanakan
perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar dalam kehidupan
sehari-hari. |
Adab |
Peserta didik
membiasakan adab kepada guru dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya
mewujudkan hubungan sosial yang harmonis dalam kebinekaan berbangsa dan
bernegara. |
Bab 2 Adab kepada Guru |
Peserta didik mampu: 2.1 Menyimpulkan
pengertian adab kepada guru dengan benar. 2.2 Menemukan
dalil tentang adab kepada guru dengan benar. 2.3 Menguraikan
adab kepada guru dengan benar. 2.4 Menemukan
hikmah adab kepada guru dengan benar. 2.5 Melaksanakan
adab kepada guru dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. |
Kisah Teladan |
Peserta didik mampu
meneladani perilaku positif melalui kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw.
dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kehidupan sehari-hari, sebagai inspirasi
dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar
bahagia dunia akhirat. |
Bab 3 Kisah Persahabatan Nabi
Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. |
Peserta didik mampu: 3.1 Menemukan
keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. sebagai sahabat Nabi Muhammad Saw.
dengan benar. 3.2 Menyimpulkan
kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. dengan
benar. 3.3 Melaksanakan
keteladanan dalam kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dengan Abu Bakar
Ash-Shiddiq R.A. |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Semester II |
|
Bab |
Tujuan Pembelajaran |
||
Akidah |
Peserta didik mampu
mengenal nabi dan rasul-Nya, sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar
bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi. |
Bab 4 Iman kepada Nabi dan
Rasul |
Peserta didik mampu: 4.1 Menguraikan
pengertian iman kepada nabi dan rasul dengan baik. 4.2 Menguraikan
nama-nama nabi dan rasul dengan benar. 4.3 Menyimpulkan kembali
tugas serta sifat-sifat nabi dan rasul dengan benar. 4.4 Menemukan
hikmah beriman kepada nabi dan rasul dengan benar. 4.5 Melaksanakan
perilaku beriman kepada nabi dan rasul dengan baik dan benar dalam kehidupan
sehari-hari. |
Adab |
Peserta didik membiasakan
adab kepada teman dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan
hubungan sosial yang harmonis dalam kebinekaan berbangsa dan bernegara. |
Bab 5 Adab Berteman |
Peserta didik mampu: 5.1 Menguraikan
pengertian adab berteman dengan benar. 5.2 Menentukan
cara yang benar dalam memilih teman dekat menurut Islam. 5.3 Menguraikan
adab-adab berteman dengan baik. 5.4 Menemukan
hikmah dalam menerapkan adab berteman dengan baik dan benar. 5.5 Melaksanakan
adab berteman dengan baik. |
Kisah Teladan |
Peserta didik mampu meneladani
perilaku positif melalui kisah Nabi Ismail A.S. dalam kehidupan sehari-hari,
sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa
yang akan datang agar bahagia dunia akhirat. |
Bab 6 Kisah Nabi Ismail A.S. |
Peserta didik mampu: 6.1 Menguraikan
kisah-kisah teladan Nabi Ismail A.S. dengan baik dan benar. 6.2 Menemukan
hikmah dari mempelajari kisah Nabi Ismail A.S. dengan benar. 6.3 Melaksanakan
keteladanan dalam kisah Nabi Ismail A.S. dengan baik dan benar dalam
kehidupan sehari-hari. |
Keterangan:
·
Kegiatan praproyek dilaksanakan berbaur dengan
pelaksanaan JP.
Profil
Pelajar Pancasila yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:
1. Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
2. Bergotong royong
3. Mandiri
4. Kreatif
Profil
Pelajar Rahnatan Lil ‘Alamin yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:
1. Berkeadaban (Ta’addub)
2. Keteladanan (Qudwah)
3. Musyawarah (Syura)
4. Toleransi (Tasamuh)
5. Dinamis dan Inovatif (Tathawwur wa Ibtikar)
0 komentar:
Posting Komentar