Rabu, 19 Juli 2023

Alur Tujuan Pembelajaran Akidah dan Akhlak untuk MI Kelas I (FASE B)

 ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH DAN AKHLAK

FASE B

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Akidah

Peserta didik mampu mengenal kitab-kitab Allah Swt., nabi dan rasul-Nya, sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Adab

Peserta didik membiasakan adab kepada guru dan teman dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan hubungan sosial yang harmonis dalam kebinekaan berbangsa dan bernegara.

Kisah Teladan

Peserta didik mampu meneladani perilaku positif melalui kisah Nabi Ismail A.S. dan persahabatan Nabi Muhammad Saw. dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kehidupan sehari-hari, sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat.

 


 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN AKIDAH DAN AKHLAK

FASE B

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Semester I

Bab

Tujuan Pembelajaran

Akidah

Peserta didik mampu mengenal kitab-kitab Allah Swt. sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Bab 1

Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

Peserta didik mampu:

1.1  Menguraikan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan baik.

1.2  Menyimpulkan macam-macam kitab Allah Swt. dengan benar.

1.3  Menemukan hikmah dari beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan baik dan benar.

1.4  Melaksanakan perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Adab

Peserta didik membiasakan adab kepada guru dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan hubungan sosial yang harmonis dalam kebinekaan berbangsa dan bernegara.

Bab 2

Adab kepada Guru

Peserta didik mampu:

2.1  Menyimpulkan pengertian adab kepada guru dengan benar.

2.2  Menemukan dalil tentang adab kepada guru dengan benar.

2.3  Menguraikan adab kepada guru dengan benar.

2.4  Menemukan hikmah adab kepada guru dengan benar.

2.5  Melaksanakan adab kepada guru dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Kisah Teladan

Peserta didik mampu meneladani perilaku positif melalui kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kehidupan sehari-hari, sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat.

Bab 3

Kisah Persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A.

Peserta didik mampu:

3.1  Menemukan keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. sebagai sahabat Nabi Muhammad Saw. dengan benar.

3.2  Menyimpulkan kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. dengan benar.

3.3  Melaksanakan keteladanan dalam kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A.

 


 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Semester II

Bab

Tujuan Pembelajaran

Akidah

Peserta didik mampu mengenal nabi dan rasul-Nya, sebagai landasan dan motivasi beraktivitas agar bernilai ibadah dan berdimensi ukhrawi.

Bab 4

Iman kepada Nabi dan Rasul

Peserta didik mampu:

4.1  Menguraikan pengertian iman kepada nabi dan rasul dengan baik.

4.2  Menguraikan nama-nama nabi dan rasul dengan benar.

4.3  Menyimpulkan kembali tugas serta sifat-sifat nabi dan rasul dengan benar.

4.4  Menemukan hikmah beriman kepada nabi dan rasul dengan benar.

4.5  Melaksanakan perilaku beriman kepada nabi dan rasul dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Adab

Peserta didik membiasakan adab kepada teman dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan hubungan sosial yang harmonis dalam kebinekaan berbangsa dan bernegara.

Bab 5

Adab Berteman

Peserta didik mampu:

5.1  Menguraikan pengertian adab berteman dengan benar.

5.2  Menentukan cara yang benar dalam memilih teman dekat menurut Islam.

5.3  Menguraikan adab-adab berteman dengan baik.

5.4  Menemukan hikmah dalam menerapkan adab berteman dengan baik dan benar.

5.5  Melaksanakan adab berteman dengan baik.

Kisah Teladan

Peserta didik mampu meneladani perilaku positif melalui kisah Nabi Ismail A.S. dalam kehidupan sehari-hari, sebagai inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang agar bahagia dunia akhirat.

Bab 6

Kisah Nabi Ismail A.S.

Peserta didik mampu:

6.1  Menguraikan kisah-kisah teladan Nabi Ismail A.S. dengan baik dan benar.

6.2  Menemukan hikmah dari mempelajari kisah Nabi Ismail A.S. dengan benar.

6.3  Melaksanakan keteladanan dalam kisah Nabi Ismail A.S. dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

 

Keterangan:

·         Kegiatan praproyek dilaksanakan berbaur dengan pelaksanaan JP.

 

Profil Pelajar Pancasila yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:

1.      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

2.      Bergotong royong

3.      Mandiri

4.      Kreatif

 

Profil Pelajar Rahnatan Lil ‘Alamin yang relevan diterapkan dalam pembelajaran:

1.      Berkeadaban (Ta’addub)

2.      Keteladanan (Qudwah)

3.      Musyawarah (Syura)

4.      Toleransi (Tasamuh)

5.    Dinamis dan Inovatif (Tathawwur wa Ibtikar)

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...