Kamis, 26 September 2024

SEJARAH RUPIAH

 

SEJARAH RUPIAH

Uang Rupiah telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Sebelum Rupiah hadir, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) sebagai mata uang Nasional pada tanggal 30 Oktober 1946. Berlakunya ORI sebagai simbol berakhirnya mata uang asing milik Pemerintah Hindia Belanda dan Jepang. Sejak saat itu, tanggal 30 Oktober diperingati sebagia Hari Oeang. 

Pencetakan dan Pengedaran ORI ke seluruh wilayah Indonesia dilakukan dengan penuh perjuangan ditengah berbagai keterbatasan dan agresi Belanda dan sekutunya. Keinginan besar Bangsa Indonesia untuk berdaulat dari mata uang asing mendorong lahirnya Oeang Repoeblik Indonesia Daerah (ORIDA) diberbagai penjuru Nusantara.

Melewati perjuangan panjang pada tanggal 17 Agustus 1950 bersama dengan dibubarkannya Republik Indonesia Serikat. Para pendiri bangsa mengukuhkan kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menetapkan Rupiah sebagai mata uang resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tonggak Sejarah Bank Indonesia sebagai Bank Sirkulasi sekaligus sebagai Bank Sentral Republik Indonesia dimulai pada tanggal 1 Juli 1953 melalui proses nasionalisasi De Javasche Bank. Untuk pertama kalinya uang Rupiah dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tahun 1953 berupa uang Rupiah kertas seri tokoh dan kebudayaan.

Diawal kemerdekaan, Bank Indonesia berperan strategis mengawal Pembangunan negara dan pembentukan karakter bangsa ditengah ketidakstabilan ekonomi. Seiring perkembangan negara guna mewujudkan stabilitas moneter diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Undang-Undang No. 13 Tahun 1968 tentang Bank Sentral diterbitkan dan Bank Indonesia menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang mengeluarkan dan mengedarkan uang Rupiah dalam berbagai pecahan.

Dengan menampilkan guratan budaya, sosok pahlawan serta kekayaan flora dan fauna. Selembar Rupiah mampu melukiskan indahnya kebhinekaan Indonesia. Goresan yang termuat pada setiap lembar Rupiah mewakili setiap masa perjalanan Indonesia serta perwujudan semangat persatuan dalam membentuk negara yang berdaulat dan bangsa yang mampu berdiri sendiri. Berbagai tantangan mampu dilalui, berbagai pencapaian telah diraih, berbagai asa akan digapai, bersama Rupiah yang hadir diseluruh negeri kita bangun optimism Menuju Indonesia Maju. Bersatu dalam Rupiah Berdaulat di NKRI.

0 komentar:

Posting Komentar

SEJARAH RUPIAH

  SEJARAH RUPIAH Uang Rupiah telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Sebelum Rupiah hadir, Pemerintah Indonesia men...