Rabu, 29 April 2020

Belajar Menulis, Menulis, dan Menulis


Belajar Menulis, Menulis, dan Menulis
oleh: Hasanuddin

Menulis merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah terutama bagi pemula, akan tetapi ada beberapa trik yang menurut hemat pribadi dapat diterapkan supaya bisa menjadi penulis yang sesungguhnya. Pertama-tama hendaknya memulai tulisan dengan menulis segala ide yang muncul saat santai dengan cara mencatat poin-poin pentingnya dalam sebuah lembaran agar tidak hilang. Sebab, manusia merupakan makhluk Allah yang lemah dan memiliki keterbatasan, yakni sifat lupa dan lalai. Setelah ada waktu luang, maka poin-poin penting tersebut tinggal dirangkai menjadi beberapa kalimat yang indah dan enak dibaca oleh setiap pembaca.
Namun, perlu diingat bahwa ketika merangkai kalimat tersebut hendaknya dalam keadaan mood karena suasana bathin sangat mempengaruhi dalam menulis. Setelah tulisannya selesai, maka ada baiknya diperiksa berulang-ulang sampai yakin tidak ada yang salah dalam tulisannya dan setelah itu tulisan tersebut kita bagi ke publik yang bisa dikirim melalui blog pribadi atau melalui media sosial yang lain, seperti fb, media cetak, ataupun media online.
Perlu diketahui, tulisan yang sudah kita upload di media sosial atau media cetak tidak serta merta diterima karena bersaing dengan tulisan-tulisan lain dan tentunya dilakukan penyaringan dengan cara memantas-mantaskan tulisan kita. Jika tulisan kita sudah dinilai pantas dan layak, maka akan diterima oleh redaksi. Masalah ditolak atau tidak diterima jangan membuat kita berkecil hati dan pesimis atau putus harapan dalam menulis apalagi hanya bermodalkan email saja. Dengan demikian, hati kita akan terobati dan semakin berusaha keras supaya ke depannya bisa dianggap layak dan diterima oleh redaksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...