Kamis, 30 April 2020

Penyuluhan Kesehatan Terhadap Penyakit DBD


 
 Salah satu petugas kesehatan yang didampingi oleh kepala madrasah setempat memberikan arahan dan penjelasan tentang salah satu penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk berserta cara menanggulangi wabah penyakit.

Penyuluhan Kesehatan Terhadap Penyakit DBD
Program penyuluhan kesehatan dan pemberian bubuk abate di MI Nurul Jannah NW Ampenan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Tanjung Karang Tahun 2019. Pada kesempatan tersebut, disampaikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), serta menjelaskan  penyebaraan nyamuk yang menyebabkan penyakit khususya DBD.
GERMAS adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan,menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen. untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.Secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.
Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah :
1.    Peningkatan aktivitas fisik
2.    Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
3.    Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi
4.    Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit
5.    Peningkatan kualitas lingkungan
6.    Peningkatan edukasi hidup sehat
Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus. Di Indonesia merupakan wilayah endemis dengan sebaran di seluruh wilayah tanah air. Gejala yang akan muncul seperti ditandai dengan demam mendadak, sakir kepala, nyeri belakang bola mata, mual dan menifestasi perdarahan seperti mimisan atau gusi berdarah serta adanya kemerahan di bagian permukaan tubuh pada penderita.
Pada umumnya penderita DBD (Demam Berdarah Dengue) akan mengalami fase demam selama 2-7 hari, fase pertama: 1-3 hari ini penderita akan merasakan demam yang cukup tinggi 400C, kemudian pada fase ke-dua penderita mengalami fase kritis pada hari ke 4-5, pada fase ini penderita akan mengalami turunnya demam hingga 370C dan penderita akan merasa dapat melakukan aktivitas kembali (merasa sembuh kembali) pada fase ini jika tidak mendapatkan pengobatan yang kuat dapat terjadi keadaan fatal, akan terjadi penurunan trombosit secara drastis akibat pemecahan pembuluh darah (pendarahan). Di fase yang ketiga ini akan terjadi pada hari ke 6-7 ini, penderita akan merasakan demam kembali, fase ini dinamakan fase pemulihan, di fase inilah trombosit akan perlahan naik kembali normal kembali.
Tindakan agar dapat mencegah DBD :
1.    DBD adalah penyakit menular yang ditandai dengan panas (demam) disertai pendarahan yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti  yang hidup di dalam dan di sekitar rumah.
2.    Kenali gejala atau tanda awal dan lanjut DBD dan segera lakukan pertolongan
3.    Ketahui siklus nyamuk Aedes Aegypti
4.    Ketahui cara berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti
5.    Cegah penularan DBD dengan memutus rantai penularan DBD
6.    Membentuk Jumantik (Juru Pemantau Jentik) terbukti berhasil menurunkan jumlah kasus DBD
            Alhamdulillah, di MI Nurul Jannah NW Ampenan sendiri telah berhasil dibentuk Jumantik yang beranggotakan 9 orang (masing-masing berasal dari perwakilan kelas 3,4,5).


0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...