Rabu, 29 April 2020

Resume Permasalahan Yang Muncul Di Blog Belajar Menulis (Guru Bertanya, Dr. Uswadin Menjawab)

Resume Permasalahan Yang Muncul Di Blog Belajar Menulis
(Guru Bertanya, Dr. Uswadin Menjawab)
oleh: Hasanuddin

1.        Hasil sebuah penelitian ilmiah yang mau dijadikan sebagai buku populer, apakah ada persyaratannya?
Jawabannya: Hasil penelitian data sangat bagus dijadikan sebagai buku populer karena datanya sudah valid, tinggal melakukan pengemasan sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami. Caranya antara lain dapat dilakukan dengan:
a.    Mengambil latar belakang dari penelitian ditulis lagi dibagian pendahuluan dengan bahasa yang simpel saja dan bisa dipecah menjadi 2 bab.
b.    Menyampaikan penemuan penting atau ide penting apa dari penelitian tersebut dan ini bisa dipecah menjadi 3 atau 4 bab.
c.    Rekomendasi apa dari penulisan tersebut dalam 1 bab
d.   Penutup atau kesimpulan menjadi 1 bab
e.    Tambahkan gambar atau foto dan data yang membuat tulisan menjadi lebih menarik
2.        Tulisan pendek dan kurang mempesona dibuat menjadi menarik, apakah ada triknya?
Jawabannya: Jangan dipaksakan menulis ketika tidak mood karena suasana bathin sangat mempengaruhi dalam menulis. Di samping itu, sebelum tulisan diupload hendaknya dibaca berulang-ulang minimal baca 3x dan nanti akan ditemukan kekurangannya. Dan alangkah lebih baiknya lagi jika bisa dibaca terlebih dahulu oleh teman atau orang lain sebelum diupload.
3.        Mengirim tulisan ke media online, apakah ada persyaratannya?
Jawabannya: Jika mau mengirim tulisan ke media online, maka bisa dilihat dibagian redaksi dan tata cara menulis artikel di media tersebut. Media online sangat butuh tulisan untuk konten-konten mereka.
4.         Apa strategi menulis sebuah artikel untuk dimuat media cetak?
Jawabannya: Strategi yang dilakukan adalah memantas-mantaskan dulu tulisan kita. Jika sudah dinilai layak maka akan diterima karena kita juga bersaing dengan tulisan-tulisan lain. Ditolak atau tidak diterima jangan membuat kita putus harapan, apalagi sekarang hanya modal email.
5.        Bagaimana cara menuangkan ide supaya bisa mengalir dan tidak putus?
Jawabannya: Menuangkan ide agar mengalir, hendaknya kita buat runtutan dulu dalam konsep-konsep kita. Setelah kita anggap runtut baru dituangkan dalam tulisan. Setelah tulisan jadi, kita baca-baca dan baca. Kemudian kita tinggal beberapa waktu sekitar 1 atau 2 jam, baru kita baca lagi.   
6.        Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengubah 1 ide menjadi tulisan? Setelah tulisan-tulisan terkumpul, berapa waktu yang dibutuhkan untuk dijadikan sebagai sebuah buku? Bagaimana cara menyatukan ide-ide yang terserak?   
Jawabannya: Ide yang ditulis menjadi tulisan sangat bergantung kita dan kesempatan serta kemauan kita. Bisa memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, jika tidak mencari waktu dan kesempatan yang pas dan tepat. Menjadikannya sebagai buku tinggal kita mengkompilasi dari blog kita atau tabungan tulisan kita. Semuanya tergantung kita, bisa 1 tahun bahkan bertahun-tahun.
7.         Bagaimana cara membangun kepercayaan diri dalam menulis?
Jawabannya: Pertama kali memang kita tidak percaya tetapi terus saja menulis dan belajar menulis nanti kita akan mendapat kepercayaan diri. Gaya menulis orang tidak sama, pasti ada sisi-sisi lain yang kita miliki.  
8.         a. Apa yang harus dilakukan jika di tengah proses menulis tiba-tiba blank tidak bisa melanjutkan tulisan? b. Bagaimana caranya agar penulis bisa konsisten menulis? c. Bagaimana ciri tulisan yang disukai banyak orang?
Jawabannya: a. Jika saat menulis blank, itu tandanya perlu istirahat karena otak dan kemampuan kita juga punya keterbatasan jadi perlu rest atau rilek dulu. Kalau sudah fresh baru dilanjutkan. Jangan pernah memaksanakan diri kalau lagi blank nulis karena bisa berakibat stress nantinya dan jadikan menulis sebagai hiburan. b. Untuk konsisten dalam menulisa memang sangat berat dan jangan memaksakan diri kalau belum ada ide-ide karena menuliskan hal-hal yang biasa ditulis terus bisa membuat pembaca bosan untuk membacanya. c. Caranya, kita sering baca tulisan orang-orang yang bagus sehingga terpengaruh dan terbawa bagus. Di samping itu, hendaknya berlatih, berlatih, dan berlatih. Minta saran dari orang lain tentunya akan lebih bagus juga.   
9.        Bagaimana mengatasi rasa tidak percaya diri dengan apa yang ditulis?
Jawabannya: Rasa percaya diri pasti muncul, itu adalah hal yang alamiah. Sama pada saat orang baru belajar pidato, sudah bisa berdiri tenang di panggung saja sudah bagus. Untuk menulis pun demikian, perlu latihan dan latihan sehingga kita akan merasa kalau sudah terbiasa maka ada kenikmatan tersendiri dalam menulis. Disitu akan muncul rasa percaya diri.
10.    Bagaimana mengembangkan ide menjadi sebuah tulisan, jika ide yang muncul kapan saja itu mengandung banyak hal yang tidak berhubungan?
Jawabannya: Kalau banyak ide, itu sangat bagus tinggal ditangkap saja. Tuliskan ide-ide tadi dan kumpulkan mana yang setema atau serupa bisa mendukung ide lain. JIka idenya berbeda 180 derajat, maka itu bisa menjadi tulisan yang banyak.
11.    Kalau menulis sketsa/gambaran dari apa-apa yang akan kita tulis dan wujud dari tulisan itu bisa cerpen, puisi, lagu terkadang resep masakan. Apakah mengelola blog hanya satu atau bisa bervariasi?
Jawabannya: Itu semuanya tergantung kita, namun kalau kita membuat 1 blog sebenarnya tidak masalah tetapi ciri khasnya kurang. Oleh karena itu, alangkah baiknya menggunakan wordpress untuk resep, kompasiana untuk cerpen, blog untuk puisi dan lagu. Namun, kendalanya kita harus juga mengunjungi akun-akun tersebut. Untuk tahap awal, 1 blog juga tidak apa-apa, jika menarik akan dibaca orang, kita bisa melihat statistic tulisan kita berapa yang baca dan darimana saja.  
12.    Bagaimana mengatasi kegagalan menemukan ending yang baik?
Jawabannya: Ada beberapa pendekatan untuk membuat ending, yaitu: a) Pembaca penasaran, ini berarti aka nada lahir tulisan berikutnya; b) Pembaca sampai kesimpulan ini berarti ending bisa dibuat happy ending atau sed ending atau normal; c) Apakah ingin ada pesan moral yang ingin disampaikan. Tulisan belum sempurna kalau tidak ada penutupnya.
13.    Menuliskan kumpulan studi kasus di kelas tiap mata pelajaran masuk ke jenis buku apa?
Jawabannya: Kumpulan studi kasus bisa membuat buku tentang studi kasus. Buku-buku studi kasus dari K Yinn dan Boldan bisa untuk referensinya.
14.    Bagaimana tips menulis panjang?
Jawabannya: Belajar, belajar, dan belajar. Jangan menyerah dan jangan dipaksa juga. Pelan tapi sampai dan jangan ingin cepat menjadi sebuah tulisan.
15.    Selain menggunakan bahasa baku yang baik dan benar, apakah dibolehkan menggunakan istilah-sitilah kata yang unik/nyeleneh?
Jawabannya: Kalau menulis resmi sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia standar karena kalau menggunakan bahasa yang unik bisa membingungkan apalagi bahasa daerah kita ada ratusan yang setiap kata tidak sama untuk setiap daerah.  
16.    Berapa lama mengumpulkan konsep atau ide suatu tulisan untuk dijadikan satu buku?
Jawabannya: Tergantung kita, bisa 1 tahun bahkan bertahun-tahun. Bisa mengambil momen-momen penting sehingga buku kita pas dan diperlukan orang.
17.    Apa kiat-kiat khusus untuk menumbuhkan kreatifitas agar tulisan berkualitas?
Jawabannya: Untuk menimbulkan kreatifitas kita memang harus baca juga tulisan orang lain dan mencari literatur pendukung baik texk book maupun dari internet. Kemudian kita ramu sesuai dengan kemampuan kita dan gaya menulis kita. Dan jangan kalah sebelum mencoba.
18.    Adakah teknik khusus merangkai suatu kalimat untuk menulis?
Jawabannya: Trik merangkai suatu kalimat harus sesuai dengan kaidah dasar bahasa Indonesia, ada SPO dan adanya keterpaduan dan keruntutan kalimat satu dengan yang lain. Hindari membuat paragraph panjang apalagi sampai satu halaman. Idealnya dalam 1 halaman, ada mimimal 2-4 paragraf sehingga pembaca tidak lelah. Dicoba terus, maka lama-lama akan terbiasa.
19.    Bagaimana cara mengembangkan sebuah karya ilmiah?
Jawabannya: Dengan membaca karya ilmiah juara 1 tingkat nasional atau provinsi  sehingga hasilnya menjadi lebih bagus.
20.    Apa tips menulis bagi pemula? Berapa lama menulis sehingga dapat diterima pembaca khususnya penerbit?
Jawabannya: Kita latihan di blog sendiri karena langsung dimuat karena redaksinya kita sendiri.  

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...