Minggu, 24 Mei 2020

2020, Ibadah di Rumah




S
elama Ramadhan tahun 1441 H/2020 M ini saya selalu melaksanakan ibadah di rumah dan tidak seperti biasanya pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu melaksanakan ibadah di masjid. Mengapa saya melaksanakan ibadah di rumah? Jawabannya bukan karena malas atau sakit, akan tetapi karena mengikuti himbauan MUI dan keputusan pemerintah, khususnya yang ada di daerah saya yang sudah masuk zona merah covid-19.
Sebenarnya saya merasa sangat asing dan tidak nyaman melaksanakan ibadah di rumah karena masjid dan mushalla sangat dekat dari rumah dan bisa ditempuh dengan jalan kaki yang memakan waktu sekitar 5 menit. Namun, apalah daya saya yang hanya manusia biasa dan punya rasa takut, khawatir, was-was, resah, dan perasaan lainnya yang berkecamuk di dalam hati.
Di balik semua itu, terdapat hikmah positif yang luar biasa bagi saya dan keluarga. Kalau di bulan ramadhan sebelumnya saya biasanya meninggalkan anak istri keluar rumah dan melaksanakan ibadah di tempat yang sudah dijadwalkan oleh beberapa pengurus masjid di luar lingkungan. Namun, kali ini saya selalu berama, mulai dari makan sahur, tadarrus al Qur’an, dan berbuka bersama. Dan yang paling berkesan adalah ketika melaksanakan shalat tarawih berjamaah bersama anak istri di rumah.
Kenangan yang tidak akan pernah terlupakan bahkan langsung diabadikan dalam buku agenda ada dua perkara, yaitu ketika saya tidak melaksanakan shalat Jum’at berjamaah di masjid dan ketika menjadi imam tarawih di rumah dengan mengusahakan 1 juz per malam walaupun dengan cara membuka al Qur’an.
Kedua perkara tersebut merupakan hal yang sangat langka bagi saya dan keluarga. Tentunya akan menjadi memori sepanjang masa, akan tetapi saya dan tidak menginginkan hal itu terulang kembali pada tahun berikutnya. Mudah-mudahan virus covid-19 ini segera sirna dari Indonesia khususnya dan dari muka bumi ini pada umumnya sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan secara baik dan normal.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...