Minggu, 24 Mei 2020

Puasa Bersama Corona




Puasa Bersama Corona
Oleh: Hasanuddin, QH., M. Pd. I

W
abah virus corona meskipun menakutkan bahkan mematikan tetapi tetap membawa hikmah yang tidak ternilai harganya. Sebagai salah satu bentuk antisipasi terhadap penyebaran virus corona, pemerintah mengumumkan agar sekolah/madrasah, pondok pesantren, bahkan perguruan tinggi diliburkan sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.
Sekolah diliburkan dan diganti dengan belajar di rumah dengan harapan agar keluar rumah dikurangi untuk hal-hal yang tidak penting. Bersama anak di rumah tentu menjadi sebuah hikmah yang sangat besar apabila dipergunakan dengan baik oleh para orang tua untuk mendidik dan menggembleng si anak agar menjadi anak seutuhnya yang sesuai dengan harapan dan impian orang tua.
Pembelajaran anak di rumah berbeda dengan di sekolah. Pembelajaran di sekolah terikat dengan tempat, waktu, jadwal, kurikulum, dan seterusnya.
Adapun mendidik anak di rumah berlaku setiap hari, bahkan setiap saat. Mengandaikan pendidikan anak sebagai prosedur khusus yang memerlukan waktu-waktu khusus, akan banyak menyita kesempatan orang tua. Mendidik anak menjadi tak alamiah dan tak menggembirakan. Sebaliknya terkesan sebagai beban, baik bagi anak maupun orangtua.
Mendidik anak jadi seperti kursus dengan paket-paket yang dikemas dalam sebuah kurikulum dengan anak sebagai peserta wajib dan orangtua guru resminya. Kita sadar bahwa tidak semua orangtua mempunyai kapasitas dan kesempatan untuk itu. Ditambah lagi banyaknya faktor pendukung yang diperlukan.
Sebenarnya ada banyak peristiwa-peristiwa keseharian yang merupakan pintu masuk seluruh unsur pendidikan yang ingin diberikan. Karenanya kita harus berusaha agar semua tidak terlewatkan begitu saja. Lebih-lebih di bulan Ramadhan yang sangat mulia dan agung ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...