Minggu, 24 Mei 2020

Pertandingan Akbar


B
ulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, terhormat, teristimewa, pembawa berkah, bulan bersejarah, bulan penuh kesabaran, bulan penuh perjuangan, bulan latihan, bulan pendidikan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, syaitan dibelenggu, bulan penuh kemudahan, bulan diturunkannya Al Qur’an, bulan dimenangkannya Rasulullah saw dan para sahabat pada perang Badar, bulan diangkatnya Muhammad menjadi Nabi dan Rasul terakhir, turunnya rahmah, dan magfirah.
Bulan Ramadhan kalau kita umpamakan suatu pertandingan, maka malam yang pertama sampai dengan malam kesepuluh sebagai babak penyisihan. Malam kesebelas sampai dengan kedua puluh sebagai babak delapan besar dan empat besar. Sedangkan malam kedua puluh satu sampai dengan ketiga puluh sebagai semi final dan final.
Awal Ramadhan sangat banyak orang yang ikut mengambil bagian untuk bertanding di babak penyisihan dengan meramaikan masjid, mushalla, dan tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk shalat tarawih sehingga penuh sesak dan terkadang sampai tidak tertampung. Demikian halnya dengan tadarrus Al Qur’an bersama banyak orang sampai larut malam bahkan semalam suntuk.
Namun, setelah memasuki babak delapan besar atau empat besar, shaf-shaf yang tadinya penuh sesak menjadi semakin maju dan sepi. Dan puncaknya pada babak semi final dan final, posisi masjid, mushalla, dan tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat shalat tarawih dan tadarrus Al Qur’an tergantikan oleh mall, supermarket, pasar malam, atau pusat-pusat perbelanjaan sebagai tempat belanja atau hanya sekedar jalan-jalan yang akhirnya terkadang mereka lupa shalat.
Maklum, pada babak semi final dan final ini banyak promo bermunculan, seperti diskon, cuci gudang, dana lain sebagainya. Padahal inti Ramadhan adalah sepuluh malam terakhir karena terdapat suatu malam yang disebut lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Mudah-mudahan kita mampu melaju sampai final dan menjadi pemenangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...