Minggu, 24 Mei 2020

Madrasah Ramadhan




S
ebulan lamanya kita akan dikarantina dan ditarbiyah oleh Allah swt di bulan Ramadhan yang sangat langka namun penuh pesona. Tarbiyah pertama yang mesti kita ingat melalui perintah puasa adalah kita dilarang menikmati hal-hal yang seharusnya halal dan menjadi milik kita sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Misalnya, kita dilarang makan walaupun yang akan kita makan adalah milik sendiri dan makanan tersebut halal serta diperoleh dengan cara-cara yang dibenarkan oleh syariat Islam.
Kita juga dilarang minum padahal minumannya halal dan diperoleh dengan cara-cara yang halal. Demikian halnya kita dilarang berhubungan intim suami sitri padahal sudah menjadi pasangan sah baik menurut agama maupun undang-undang. Kesemuanya tidak berani kita langgar walaupun halal karena takut dosa.
Wahai umat Islam, ketika Ramadhan datang bertamu kita semua rela tidak makan dan minum di siang hari. Namun, apakah kita tetap akan rela dan siap untuk tidak memakan sesuatu yang diharamkan oleh Allah swt di luar Ramadhan, seperti memakan harta haram, hasil riba, hasil curian, hasil menipu, dan mengambil hak orang lain secara zalim. Bukankan Allah swt melarang itu semua sepanjang hayat kita dan bukan hanya di bulan Ramadhan.
Bukankah Allah swt menyuruh kita untuk senantiasa memakan yang halal dan baik. Ingatlah firman Allah swt: “Wahai sekalian manusia, makanlah dari makanan yang halal dan baik yang terdapat di bumi. Dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaitan karena sesuangguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al Baqarah (2): 168).
Mudah-mudahan dengan berakhirnya Ramadhan kita menjadi insan yang bertakwa dimana saja berada dan senantiasa memperhatikan makanan serta minuman yang kita konsumsi karena sesungguhnya makanan dan minuman yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap tingkah laku dan tutur kata kita dalam pergaulan sehari-hari bersama dengan orang-orang yang ada di sekeliling kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...