Minggu, 24 Mei 2020

Lailatul Qadarku





K
amis tanggal 28 Ramadhan 1441 H/21 Mei 2020 M atau malam jumatnya merupakan malam ganjil terakhir Ramadhan. Malam tersebut merupakan kesempatan terakhirku untuk menghidupkan malam qadar (lailatul qadar). Alhamdulillah saya dapat mengisi malam tersebut dengan amaliah Ramadhan, termasuk shalat sunnah tasbih.
Dengan berlinang air mata saya panjatkan doa kepada Allah SWT, mudah-mudahan ini adalah lailatul qadarku dan bisa meraih lailatul qadar kembali di masa-masa mendatang dalam keadaan sehat wal afiat.
Di samping itu, saya juga tidak lupa berdoa kepada Allah: Ya Allah, janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah saya sebagai orang yang Engkau sayangi. Ya Rahman, terimalah seluruh amal ibadahku di bulan Ramadhan ini.
Ya Wasi’al Magfirah, ampunilah segala dosa-dosaku, dosa ibu bapakku, dan dosa orang-orang yang saya cintai dan sayangi karena Allah. Ya Mujib, kabulkanlah seluruh doa-doaku dan angkatlah musibah wabah virus corona ini dari daerahku, negaraku, dan negara-negara muslim lainnya.
 Lailatul qadar digambarkan Allah swt sebagai waktu yang lebih baik dari 1000 bulan. Hal ini Allah tegaskan dalam QS. AL Qadr: “Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”.
Sesuai ajaran Rasulullah saw, umat Islam memang diperintahkan untuk mencari lailatul qadar di bulan Ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah. Menurut hadis Rasulullah saw: “Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah swt, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari)

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...