Minggu, 24 Mei 2020

Ramadhan Pergi Sebentar, Corona Pergi Selamanya




T
anggal 30 Ramadhan 1441 H/23 Mei 2020 M yang jatuh pada hari sabtu merupakan hari terakhir Ramadhan. Siapapun dia, jika ditinggal oleh yang dicintainya pasti akan merasakan sedih yang tidak terhingga. Demikian halnya dengan kepergian Ramadhan tahun ini meninggalkan duka nestapa yang  mendalam. Ditambah lagi dengan adanya wabah virus corona yang masih menyelimuti kita semua sampai dengan detik-detik datangnya ‘idul fitri.
Lebaran kali ini merupakan lebaran yang pertama dan mudah-mudahan sekaligus yang terakhir bersama corona maupun wabah-wabah yang lainnya karena lebaran ini serba terbatas dan dibatasi. Bagaimana tidak, lebaran pada tahun-tahun sebelumnya sangat leluasa dilakukan dimanapun tempat yang semestinya dan bersama siapapun yang boleh melakukannya. Tetapi, lebaran kali ini betul-betul dibatasi dengan ketentuan dan protokol yang sudah ditentukan.
Bahkan, di beberapa daerah ada yang melakukan ‘id fitri di rumah saja bersama keluarga dengan tata cara yang telah ditentukan oleh pihak yang berwenang, yaitu MUI. Semua itu diterapkan oleh pemerintah dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk memutus rantai penyebaran virus corona ini.
Namun, bagaimanapun mulia niat pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus tersebut jika tidak didukung sepenuhnya oleh masyarakat, maka hal itu tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, selaku masyarakat seharusnya taat terhadap aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak-pihak terkait yang memiliki otoritas keilmuan mumpuni dan tidak diragukan lagi.
Merenungi lebaran kali ini yang sangat berbeda, mudah-mudahan kita mendapatkan kekuatan dan hikmah dari kejadian yang kita alami saat ini. Mudah-mudahan kepergian Ramadhan dan corona kali ini berbeda. Kepergian Ramadhan untuk diharapkan kedatangannya kembali sedangkan kepergian corona untuk selama-lamanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...