Minggu, 24 Mei 2020

Ramadhan Bulan Langka




Ramadhan Bulan Langka
Oleh: Hasanuddin, QH., M. Pd. I

S
eseorang yang beritikad dan berniat baik di bulan Ramadhan, maka besar seklai peluangnya untuk bisa melaksanakannya untuk selanjutnya mendapatkan rahmah, magfirah, dan akhirnya mendapatkan surga. Sebab pintu surga telah dibuka selebar-lebarnya dan sebaliknya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya serta setan-setan dibelenggu.
Satu hal yang sangat utama adalah keutamaan bagi orang yang melaksanakan puasa ramadhan itu sendiri. Rasulullah saw menjanjikan: ”Barangsiapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan iman dan perhitungan yang matang, maka Allah swt akan menghapuskan dosa-dosanya yang telah lalu.
Oleh karena itulah, maka tidak salah apabila para ulama menyatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan pembakar dosa. Sebab, segala dosa-dosa yang telah lalu akan dibakar seluruhnya dengan mengisi bulan Ramadhan dengan amalan-amalan yang disebut dengan amaliah Ramadhan.
Amaliah Ramadhan juga dapat dilakukan dalam bentuk memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa, tadarus Al-Quran, memberikan infaq, mengeluarkan zakat, mengikuti pengajian-pengajian, ceramah agama di televisi, siraman rohani di radio dan lain-lain sebagainya. Yang kesemua itu adalah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Marilah kita semua meningkatkan ketaatan di Bulan Ramadhan ini dengan cara yang istimewa karena sesungguhnya Allah swt juga telah memberikan keistimewaan yang berbeda jika dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Kalau itu semua tidak dilakukan, maka kita akan masuk dalam golongan orang yang merugi. Dan janganlah kita terpedaya dengan berbagai macam kesenangan dan tipu daya dunia yang sifatnya hanya sesaat karena kehidupan abadi telah menanti kita.  

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...