Rabu, 13 Mei 2020

Menulis Buku Motivasi Dan Kepemimpinan


Menulis Buku Motivasi Dan Kepemimpinan
Oleh: Hasanuddin

Nara Sumber
:
Amir Faisal
Waktu

30 April 2020
Pukul
:
Pukul 13.00 - 15.00 WIB


Dari pemaparan Bapak Amir Faisal yang disampaikan melalui video, dapat diambil pelajaran penting bahwa pada dasarnya setiap kita mempunyai kesempatan untuk menjadi penulis, namun cara mengolahnya yang berbeda sehingga kesempatan tersebut menjadi jauh bahkan menghilang dari diri kita.

Bapak Amir Faisal senantiasa memberikan motivasi bagi bapak/ibu khususnya yang berada di group gelombang 10 dan umumnya pada semua orang untuk terus berlatih dan berlatih menulis sampai tulisan-tulisan tersebut bisa diterima dan siap diterbitkan oleh penerbit. Untuk menjadi seorang penulis tidak dibatasi dengan latar belakang pendidikan tertentu.

Setelah pemaparan selesai disampaikan, Bapak Amir Faisal membuka sesi tanya jawab. Ada beberapa point penting yang dapat saya rangkum dari hasil sesi tanya jawab tersebut, antara lain:
  1. Yang paling utama adalah tentukan visi kita, apa alasannya ingin menjadi seorang penulis, kemudian kita harus siap menghadapi segala bentuk tantangannya dengan gagah berani.
  2. Selera penerbit buku itu berbeda-beda, umpamanya saja penerbit Gramedia lebih senang pada naskah yang jumlah halamannya sedikit, karena yang terpenting bagi penerbit adalah kualitas tulisan.
  3. Penerbit lebih senang terhadap karya yang original dari pikiran, perasaan, gagasan kita sendiri karena kajian pustaka itu sifatnya hanya penguatan.
  4. Jika ingin menerbitkan buku dengan cepat, maka seorang penulis harus memperhitungkan dan melihat genre kita sendiri dan mencari tahu kecenderungan pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...