Minggu, 24 Mei 2020

Imam Tarawih Kontrak




S
halat tarawih di musim pandemi ini membawa dampak positif yang sangat luar biasa. Jika tarawih sebelumnya sering meninggalkan anak istri untuk melaksanakan jadwal yang telah ditetapkan oleh beberapa pengurus masjid/mushalla, maka tarawih kali ini dikontrak sebulan full oleh keluarga.
Saat ini kita sering berada di rumah bersama keluarga tercinta, mulai dari shalat berjamaah 5 waktu, makan sahur, shalat tarawih, tadarrus al Qur’an dan berbuka bersama. Inilah salah satu hikmah yang diberikan Allah swt dengan diturunkannya wabah virus corona ini.
Baru kali ini saya merasakan menjadi imam shalat 5 waktu merangkap imam tarawih selama 30 hari full tanpa ada yang menggantikan. Dengan demikian, mudah-mudahan ada nilai tambah mendapatkan pahala lebih menjadi imam shalat.
Apa sesungguhnya hikmah adanya pandemi ini sampai akhir Ramadhan bahkan mengiringi ‘id fitri. Setiap orang tentunya akan merasakan hikmah yang berbeda-berbeda. Namun, saya pribadi merasakan Ramadhan kali ini menjadi pengingat dari Alah agar kita lebih dekat dengan keluarga.
Ramadhan kali ini banyak yang saya kerjakan, antara lain: mengontrol dan mengelola pembelajaran jarak jauh MI Nurul Jannah NW Ampenan menggunakan WA dan selainnya; mengimami shalat 5 waktu dan shalat tarawih di rumah bersama keluarga, mengikuti kegiatan webinar dan workshop yang diadakan oleh IGI beberapa daerah di Indonesia; mengikuti kegiatan menulis yang diadakan oleh PGRI; dan masih banyak hal-hal lainnya yang tidak dapat saya ungkapkan disini.
Terlalu sering berada di rumah bagi sebagian orang menyebbakan penghasilannya menjadi berkurang. Namun, bagi saya pribadi tidak demikian halnya. Allah swt memberikan ketentuan yang berbeda saat keluarga saya diberikan amanah untuk menjadi pemimpin di salah satu lembaga pendidikan.    

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buku Kumpulan Materi Ceramah dan Khutbah Ramadhan

   Sambut Ramadan 1445 H, Kementerian Agama merilis buku Syiar Ramadhan Mempererat Persaudaraan. Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tuju...